santunan-ipnuippnu
Bagikan ke

IPNU IPPNU BOJONEGORO – Selain tahun baru hijriah, Idul Yatama juga menjadi salah satu perayaan di bulan Muharram yang digelar setiap tanggal 10 Muharram. Istilah ini sebagai ungkapan kegembiraan yang ditujukan kepada anak-anak yatim sebab di hari tersebut banyak orang yang memberikan santunan kepada mereka.

Sekalipun tidak bertepatan pada tanggal 10 Muharram, momen menyantuni anak yatim bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Begitu pula dengan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Bojonegoro yang menyelenggarakan santunan anak yatim pada Jum’at (20/08/2021).

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara PC IPNU IPPNU Bojonegoro dengan DPRD Provinsi Jawa timur, Fauzan Fuadi dan ditujukan kepada anak yatim-piatu di seluruh kecamatan di Bojonegoro.

Menurut keterangan Jamaluddin Ahmad, Wakil Ketua I PC IPNU Bojonegoro, pelaksanaan santunan itu didistribusikan langsung kepada Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU IPPNU yang ada di Bojonegoro, baru kemudian diberikan kepada sejumlah anak yatim-piatu di kecamatan tersebut.

“Dalam kegiatan ini, kami hanya ngalap berkah bulan Muharram dengan menjalankan Sunnah Rasulullah. Salah satunya dengan berbagi seperti ini. Apalagi di tengah-tengah situasi pandemi yang serba tidak mudah, tentu berbagi menjadi alternatif untuk membantu sesama” tutur Jamal.

Selain itu Jamal juga menyebut bulan Muharam adalah bulan yang baik untuk berbagi dan bersedakah, bahkan banyak hadist yang menjelaskan terkait ibadah itu, termasuk untuk mengusap rambut anak yatim ketika memberi santunan.

Pewarta : LulukNR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 6 =