Bagikan ke

IIBO – “Menulis essai itu easy” (Inggris) mudah tagline dari Yogi Abdul Ghofur saat mengisi kelas menulis esai populer via zoom meeting pada Rabu, 24 November 2021. Acara tersebut diselenggarakan oleh Departemen Jaringan Komunikasi dan Informasi (Jarkominfo) dan Pers Penerbitan yang bekerjasama dengan Departemen Student Crisis Center (SCC) dibawah naungan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Bojonegoro.

Acara ini diapresiasi dengan baik oleh Ridaul Bariroh, Ketua PC IPPNU Bojonegoro. “Menulis menjadi penting, karena akan menjadi rekam jejak kiprah pelajar IPNU IPPNU Bojonegoro dimasa sekarang dan dapat dinikmati kader sepuluh hingga 20 tahun mendatang” tambah Rida.

Acara dimulai pada pukul 13.00 tersebut diikuti oleh Selain itu, acara ini juga diselenggarakan untuk pengembangan skill kader IPNU IPPNU Bojonegoro yang memiliki minat literasi, dan nantinya memiliki projects membuat buku tentang kiprah IPNU IPPNU di Bojonegoro.

Kelas menulis esai populer berjalan lancar dan seru. Dengan gaya penyampaian materi yang santai namun fokus, ada tebak gambar untuk mengurangi kejenuhan.

Menurut pemateri yang menjadi Redaktur Jurnaba.co itu, menulis esai itu easy, atau kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia itu mudah. Karena essai adalah prosa bebas yang membahas suatu masalah secara sepintas dari sudut pandang penulis tanpa mengurangi nilai yang ada dalam tulisan.

“Menulis sama halnya dengan mengisi teko, selagi penuh maka kita harus menuangkan ke gelas-gelas kecil, agar nantinya kita selalu kosong akan ilmu yang diibaratkan isi teko” tambah Yogi.

“Pokoke lang nulis, nak gak wani saiki kapan maneh” imbuh Redaktur Jurnaba.co dengan bahasa Jonegoroan. Sebagai ajakan untuk mulai menulis, kalau tidak sekarang, kapan lagi.

Pewarta : Rosa Amelia

Editor : LulukNR

Leave a Reply

Your email address will not be published.

twelve − five =